Tugas Reguler C Angkatan 7

Image

Kualitas Air Air Minum

Air memegang peranan penting bagi kehidupan manusia, hewan, tumbuhan dan jasad-jasad lain. Air yang kita perlukan adalah air yang harus memenuhi persyaratan kesehatan baik persyaratan fisik, kimia, bakteriologis dan radioaktif. Air yang tidak tercemar, didefinisikan sebagai air yang tidak terkandung bahan-bahan asing tertentu dalam jumlah melebihi batas yang ditetapkan sehingga air tersebut dapat dipergunakan secara normal. Air yang memenuhi syarat, diharapkan dampak negatif penularan penyakit melalui air bisa diturunkan dimana Air merupakan kebuuhan pokok bagi manusia dengan segala macam kegiatannya,antara lain dipergunakan untuk :

1.Keperluan rumah tangga,misalnya untuk minum,memasak

2.Keperluan Umum,misalnya untuk kebersihan jalan dan pasar

3.Keperluan Industri,misalnya untuk PLTA

4.Keperluan Peranian

Kualitas air didefinisikan sebagai kadar parameter air yang dianalisis secara teliti sehingga menunjukkan mutu dan karakteristik air. Mutu dan karakteristik air ditentukan oleh jenis dan sifat-sifat bahan yang terkandung didalamnya. Bahan-bahan tersebut baik yang padat, cair maupun gas, terlarut maupun yang tak terlarut secara alamiah mungkin sudah terdapat dalam air dan diperoleh selama air mengalami siklus hidrologi. Dengan demikian mutu dan karakteristik air ditentukan oleh kondisi lingkungan dimana air berada. Aktivitas manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan sering juga menimbulkan bahan-bahan sisa atau bahan-bahan buangan yang mempunyai kecenderungan pada peningkatan jumlah dan kandungan bahan-bahan didalam air. Bahan-bahan ini apabila tidak ditangani secara baik dapat menimbulkan permasalahan pencemaran, lebih-lebih apabila lingkungan tidak mempunyai daya dukung yang cukup untuk menetralisir atau mengurangi bahan pencemar.

Standar baku kualitas air di Indonesia ditetapkan oleh sebuah Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor  492 /MENKES/PER/X/2010 tertanggal 19 April 2010 yang berisi tentang syarat-syarat disesuaikan dengan standar yang ditetapkan WHO .Air minum adalah air yang digunakan untuk konsumsi manusia. Menurut kemetrian kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya, dan tidak mengandung logam berat.

Air minum merupakan salah satu sumber kehidupan bagi umat manusia. Apabila air  telah  tercemar  maka  kehidupan  manusia akan terganggu.  Ini  merupakan  bencana besar, hampir semua  makhluk hidup dimuka bumi ini memerlukan air, dari mikroorganisme sampai dengan mamalia adalah air yang melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung di minum.Untuk air sebagai air minum harus memenuhi persyaratan kesehatan.Berdasarkan  Peraturan menteri Kesehatan No. 492 Tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum, bahwa suatu air yang layak untuk dikonsumsi adalah memenuhi beberapa parameter yang harus dipenuhi. Diantaranya adalah :

Pada saat ini telah tersusun syarat-syarat air yang dipandang baik, yang secara umum dibedakan atas tiga hal yakni:

  • Syarat-syarat Fisik

Air minum seharusnya jernih, tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau.

  • Syarat-syarat Kimia (organik, anorganik)

        Air  minum tidak  boleh  mengandung  senyawa-senyawa beracun dalam jumlah melampaui batas yang telah ditentukan (Standar Air Minum Indonesia)

  • Syarat-syarat Bakteriologik

     Air  minum tidak  boleh mengandung  bakteri-bakteri penyakit  (pathogen) sama sekali dan tidak  mengandung bakteri-bakteri golongan Coli melebihi batas-batas yang telah ditentukan yaitu 1 Coli/100 ml air.

Daftar Pustaka

Anonim, 2010,Peraturan menteri Kesehatan No. 492, Jakarta.

Alaerts,  G.  dan  Sumetri,  S.,(1987),  Metode  Penelitian  Air, Usaha Nasional, Surabaya

Awaluddin. 2007. Teknologi Pengolahan Air Tanah sebagai Sumber Air Minum pada Skala Rumah Tangga,Jakarta.

Joko,Tri,2010,Unit Air Baku dalam Sistem Penyediaan Air Minum,Graha Ilmu,Jogjakarta

SOAL

1.Apakah pengaruh air minum memiliki nilai alkalinitas yang tinggi bagi kesehatan manusia ? Jelaskan !

2.Apakah pengaruh air minum memiliki nilai aciditas yang tinggi bagi kesehatan manusia ? Jelaskan !

3.Mengapa pada pemeriksaan alkalinitas menggunakan metode titrasi netralisasi menggunakan 2 indikator ? berikan penjelasan anda !

4.Sebutkan keuntungan dan kekurangan pemeriksaan alkalinitas metode titrimetri ?

5.Sebutkan  dan  jelaskan mengapa senyawa kimia lain yang dapat mempengaruhi nilai alkalinitas pada air !(minimal 3)!

Jawaban paling lambat dikumpulkan kepada Bp. Bernadus tanggal 06 Maret 2014 dengan format penulisan Font times new roman 12 spasi 1,5 dan Jawaban Dikirim kemail :bernadusirawan@gmail.com

Iklan
Ditulis dalam Tugas Praktikum Kimia Amami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Visitors
free counters
Kategori
Clock

%d blogger menyukai ini: